Ibu Hamil Wajib Biasakan Menu Sarapan Sehat

menu-sarapan-pagi-untuk-ibu-hamil

Ibu Hamil Wajib Biasakan Menu Sarapan Sehat

Berbicara tentang ibu hamil, tentunya akan banyak kaitannya dengan kesehatan dan asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab, saat sedang berbadan dua, asupan makanan memang menjadi begitu penting untuk diperhatikan, mengingat apa yang ibu makan juga akan diserap oleh si jabang bayi. Penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi asupan gizi seimbang untuk menjaga agar tubuh ibu dan janin tetap prima. Menu Sarapan pagi merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk mengawali pagi hari bagi ibu hamil.

Menurut penelitian, membiasakan sarapan pada ibu hamil akan ampuh menurunkan resiko kegemukan pasca melahirkan hingga 30%, juga mampu menurunkan resiko diabetes dan serangan jantung. Membiasakan sarapan pagi pada ibu hamil juga dapat menyeimbangkan kadar gula darah pada ibu dan janin. Jumlah kadar gula ini akan berdampak pada mood ibu hamil yang seringkali tidak menentu. Dengan mengawali pagi dengan sarapan, sifat yang berubah-ubah, seperti mudah marah, sedih, hingga malas akan dapat teratasi. Bagi janin, kadar gula darah yang pas dapat mencegah penyakit gula darah rendah yang dapat mengganggu daya tahan tubuh dan konsentrasi. Selain itu, membiasakan sarapan pada ibu hamil akan mencegah terjadinya stunting. Stunting adalah suatu kondisi di mana janin tidak dapat tumbuh atau berkembang dengan sempurna, seperti tinggi badan, berat badan, dan lain sebagainya. Asupan gizi yang baik akan menutrisi segala yang dibutuhkan oleh perkembangan janin.

Bagi Anda Ibu hamil, wajib memenuhi jadwal makan utama 3 kali dalam sehari dan dilengkapi dengan 2 kali makan selingan atau cemilan. Penting bagi ibu hamil untuk memahami pentingnya sarapan agar ibu hamil tidak malas untuk melakukan sarapan. Konsumsilah roti gandum dengan karbohidratnya yang tinggi akan memberikan energi lebih untuk ibu hamil, sereal yang kaya akan zat besi, mengganti nasi putih dengan nasi merah karena akan menghasilkan kalori yang besar, telur, dan buah-buahan. Penting juga bagi ibu hamil melengkapi sarapan pagi dengan meminum susu sebagai sumber kalsium. Selain berguna untuk menguatkan tulang dan gigi pada ibu, kalsium juga sangat dibutuhkan oleh janin guna pementukan tulang yang kuat sempurna. Kebanyakan ibu hamil sering mengalami mual jika meminum susu. Untuk menyiasatinya, sesekali boleh Anda menyantap produk olahan susu untuk camilan, seperti yoghurt dan keju.

Tidak terlalu sulit sebetulnya mengatur sarapan sehat pagi untuk ibu hamil, apalagi untuk makan siang dan malam. Hanya saja, rasa malas yang timbul karena bawaan hamil-lah yang membuat Anda tidak memperhatikan asupan gizi saat hamil yang cukup penting. Jika demikian adanya, Anda dapat memesan menu paket sehat dan praktis khusus maternity di Lemonilo melalui situs Lemonilo.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *