Borobudur Candi Yang Mengundang Ribuan Pengunjung Setiap Weekend

Candi Borobudur adalah candi warisan asli kebudayaan Indonesia yang sudah terpopuler di dunia. Bahkan bangunan candi ini sudah ditetapkan sebagai candi Budha paling besar di dunia oleh UNESCO. Bentuk arsitektur bangunan yang megah dan unik tersebut mengundang ribuan orang untuk mengunjungi candi Budha ini setiap weekend nya. Lantas bagaimana asal mulanya candi Budha ini berdiri? Candi ini diyakini atas peninggalannya kerajaan asli Dinasti Sailendra dimasa kepemimpinan Raja Samaratungga dan selesai didirikan tepat di abad ke 8. Banyak cerita misteri candi Budha ini yang belum terkupas secara tuntas, apa sebenarnya bangunan candi ini tak ada dalam prasasti yang menjelaskan tentang proses pembangunan candi Budha ini?

Borobudur Candi Yang Mengundang Ribuan Pengunjung Setiap Weekend
Borobudur Candi Yang Mengundang Ribuan Pengunjung Setiap Weekend

Menurut pernyataan IDT Phillipine, ada yang menyatakan bahwa nama candi Budha tersebut asalnya dari istilah Samara Budhara yang mengandung arti gunung dengan lereng teras-teras. Bahkan ada yang menyatakan juga bahwa nama candi Budha tersebut berasal dari perkataan para penganut agama Budha yang mengalami satu pergeseran tulisan. Namun satu-satunya orang yang menyebutkan Candi Borobudur ialah Thomas Stamford dalam bukunya “Sejarah Pulau Jawa”. Thomas Stamford menyebutkan kata “Bore” yang artinya desa yang letaknya berada di daerah candi Budha tersebut. Sementara “Budur” yang artinya purba. Diperkirakan candi ini didirikan oleh Kerajaan asli Syailendra tahun 750 M. Pembangunan candi ini begitu misterius karena kebanyakan manusia di abad ke tujuh sama sekali belum mengenal metode arsitektur tapi kenyataannya, bangunan candi Budha ini terselesaikan dengan metode arsitektur yang sempurna.

Sudah banyak sekali para ilmuan dari penjuru dunia yang berusaha mengungkap misteri pembangunan Candi Borobudur ini. Nah, pertanyaan yang paling berkesan penting dan membuat para peneliti menjadi penasaran dengan candi Budha ini ialah darimana asalnya batu-batu besar yang terbangun rapi pada candi tersebut dan bagaimana manusia abad ke tujuh menyusun bebatuan tersebut dengan arsitektur pembangunan yang begitu sempurna. Ada peneliti yang memperkirakan asal bebatuan besar tersebut dari Gunung Merapi. Tapi secara logika, bagaimana cara membawa bebatuan besar tersebut dari Gunung ke lokasi candi yang letaknya berada diatas bukit. Inilah misteri yang benar-benar sulit untuk diungkap!

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *