Umur Berapa Bayi Merangkak & Cara Melatihnya

Umur Berapa Bayi Bisa Merangkak?

Umur Berapa Bayi Bisa Merangkak?
Umur Berapa Bayi Bisa Merangkak?

Merangkak merupakan salah satu tahapan pada perkembangan bayi, sebelum pada akhirnya mereka bisa berjalan dengan kedua  kaki mungilnya. Namun banyak sang ibu yang saat ini masih suka bertanya, kira kira umur berapa bayi bisa merangkak? Bayi biasanya mulai belajar merangkak di usia 6-12 bulan. Usia tersebut adalah usia yang aman bagi bayi untuk mulai belajar melatih otot-otot nya baik otot besar maupun otot kecil. Sebagai seorang ibu, Anda harus tetap mendukung perkembangan sikecil. Jika sikecil sudah berhasil dalam tahapan merangkak, ia perlahan akan mulai bisa berjalan dengan sendirinya.

Cara & Tipe Merangkak Si Bayi Yang Harus Diperhatikan

Dukung  tumbuh kembang sikecil dan selalu memperhatikan hal-hal kecil yang ia lakukan. Dalam tahapan merangkak, tidak semua bayi memiliki proses dan gaya yang sama. Setiap bayi memliki cara dan tipe merangkak yang berbeda-beda. Hal ini yang sebaiknya tidak luput dari perhatian sang ibu.

  • Merangkak Normal: tipe merangkak yang satu ini adalah yang paling efisien bagi sikecil. Si kecil menggunakan tangan dan kakinya secara bergantian untuk bergerak dan berpindah tempat. Tidak ada yang perlu diperhatikan dari tipe gerakan yang satu ini karena sangat aman bagi bayi.
  • Merangkak Kepiting: jika diperhatikan dari namanya, sudah jelas bahwa sikecil akan bergerak layaknya kepiting saat ia sedang merangkak. Si kecil akan merentangkan satu lutut dan meluruskan lutut lainnya. Jika bayi Anda sedang merangkak dengan tipe tersebut, jangan khawatir karena hal tersebut tetap normal dan aman bagi bayi.
  • Merangkak Tentara: sikecil akan merangkak menggunakan perutnya seperti tentara atau prajurit yang sedang merayap di medan perang.
  • Merangkak Berguling: tipe merangkak yang satu ini adalah tipe merangkak yang benar-benar harus diperhatikan oleh sang ibu. Karena dengan cara ini, si anak akan berguling-guling menggunakan badan nya untuk pindah dari satu tempat ketempat lainnya. Pastikan sikecil berada di tempat yang aman.
  • Merangkak Bokong: sikecil akan menggunakan pantat dan tangannya untuk bergerak dan berpindah.

Berikut adalah beberapa tipe dan cara bayi dalam merangkak yang harus diperhatikan oleh sang ibu. Tidak perlu lagi bertanya-tanya umur berapa bayi bisa merangkak. Jika Anak Anda di usia 6-12 bulan belum bisa merangkak, jangan khawatir dulu. Karena bisa saja sikeci llebih tertarik untuk mengasah kemampuannya dalam berguling atau menggenggambarang. Namun sebaiknya Anda harus tetap mendukungnya agar ia mau berlatih dan belajar merangkak.

Cara Mendukung Anak Untuk Merangkak

  • Ikut Merangkak

Anda bisa memberikan contoh kepada sikecil untuk merangsangnya belajar merangkak dengan memperagakan gaya merangkak di depannya. Si kecil pasti akan tertarik dan mulai mengikuti gaya yang Anda tirukan.

  • Pancing Dengan Mainan Favoritnya

Ajak sikecil bermain dengan mainan favoritnya. Coba geser-geser mainan tersebut, pindahkan dari satu tempat ketempat lain hingga sikecil bisa meraihnya dengan cara merangkak.

  • Tummy Time

Cara ini sangat ampuh untuk menstimulasi bayi belajar merangkak. Anda harus mengangkat kepala, perut dan tubuhnya secara perlahan. Rutin lakukan gerakan ini di pagi dan sore hari setelah memandikan sikecil.

Nah itulah beberapa gaya melatih anak merangkak serta berbagai macam gerakan merangkak, Semoga bermanfaat untuk bunda ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *