Lembaga Amil Zakat Di Mata Masyarakat

Lembaga Amil Zakat Di Mata Masyarakat
Lembaga Amil Zakat Di Mata Masyarakat

Berzakat adalah salah satu kegiatan yang wajib dijalankan oleh seluruh umat muslim. Khususnya untuk umat muslim yang mampu dalam segi materi, karena zakat bertujuan untuk membantu sesama umat muslim yang lebih membutuhkan. Allah telah memerintahkan seluruh umatnya untuk melaksanakan zakat seperti umatnya melaksanakan sholat dan puasa. Saat ini sudah banyak lembaga amil zakat yang mampu melayani dan memfasilitasi umat muslim untuk melaksanakan kewajibannya. Apa itu lembaga amil zakat? Mungkin masih banyak orang yang berpikir bahwa lembahga amil zakat sama dengan badan amil zakat. Padahal kenyataannya tidak.

Perbedaan Lembaga Amil Zakat Dengan Badan Amil Zakat

Lembaga amil zakat adalah lembaga pengelolaan dan penyaluran zakat yang didirikan oleh swadaya masyarakat yang juga sudah diizinkan oleh kementerian agama. Sedangan badan amil zakat lebih bersifat resmi karena milik pemerintah dan dikelola langsung oleh kementerian agama. Banyak umat muslim yang biasanya melakukan zakat pada momen-momen tertentu seperti saat bulan ramadhan tiba atau saat perayaan idul adha. Hal itu sekarang terpatahkan oleh munculnya lembaga amil zakat apalagi yang sudah berbasis online. Banyak masyarakat yang semakin di mudahkan dengan munculnya lembaga ini.

Tidak hanya dimudahkan, lembaga amil zakat juga dipercaya mampu mengurangi penderitaan warga miskin dan mampu menekan angka kemiskinan di dunia. Zakat dikenal dapat membawa dampak dan manfaat positif bagi umat muslim baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, umat muslim yang rajin menunaikan zakat akan dilancarkan rezekinya, dipermudah urusannya, semakin dekat dengan Allah SWT, dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama muslim dan masih banyak lagi. Di akhirat, mereka yang sering berzakat akan mendapatkan tempat terbaik di surga, dilapangkan kuburnya, dilipat gandakan pahalanya, dan diangkat derajatnya. Zakat juga mampu menghapus segala amalan buruk yang pernah diperbuat oleh umat muslim.

Allah mencintai umatnya yang memiliki sifat rendah hati dan dermawan, walaupun telah mendapatkan kenikmatan duniawi yang cukup. Seluruh umat manusia pada dasarnya pasti memiliki sifat iri hati, dengki dan sombong. Sifat ini bisa menjatuhkan kita ke lubang neraka terdalam jika kita terus memeliharanya. Zakat dapat mengobati kita bahkan mencegah kita dari sifat-sifat jahat tersebut. Sangat luar biasa keuntungan dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari berzakat. Munculnya lembaga amil zakat yang kebanyakan berbasis online, dapat memudahkan kita yang ingin melakukan kebaikan di jalan Nya. Harus diakui lembaga seperti ini harus dipertahankan dan dikelola dengan baik.

Ayo laksanakan salah satu kewajiban dari rukun islam ini, sebagai bekal amal di akhirat nanti. Harta yang kita miliki hanya bersifat sementara sedangkan tabungan amal untuk di akhirat adalah abadi. Dengan berzakat, selain dapat meringankan beban orang-orang yang lebih membutuhkan, juga sebagai bentuk rasa syukur dan kecintaan terhadap Allah SWT.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *