Cara Mencuci, Merawat Pakaian Yang Kotor dengan Tangan

Cara Mencuci Pakaian Yang Kotor dengan Tangan

Teknologi tidak selamanya bekerja secara maksimal. Salah satunya dalam masalah mencuci pakaian yang di mana bisa dilakukan dengan bantuan alat canggih mesin cuci. Namun mencuci dengan mesin cuci tidak menghasilkan cucian yang bersih. Perlu cara mencuci, merawat pakaian yang kotor dengan atau memakai tangan agar cucian benar-benar bersih. Apa lagi yang terkena noda-noda di mana mesin cuci tidak dapat menghilangkan. Pemakaian mesin cuci untuk mencuci baju juga tidak jarang membuat pakaian menjadi cepat rusak. Khususnya untuk pakaian-pakaian dengan bahan lembut dan yang memiliki ornamen-ornamen seperti manik-manik. Mencuci dengan tangan merupakan cara yang paling aman untuk melindungi pakaian berbahan dasar lembut dan memiliki ornamen.

Bagaimana cara mencuci, merawat pakaian yang kotor bila menggunakan tangan? Langkah awal ialah Anda harus memisahkan baju-baju berwarna terang dengan baju yang beresiko dapat luntur.  Setelah itu perhatikan noda-noda yang menempel pada baju tersebut. Ada beberapa noda yang tidak dapat hilang dengan deterjen seperti noda minyak dan noda tinta. Anda wajib menghilangkan noda-noda tersebut terlebih dahulu sebelum mencuci seperti biasa. Langkah berikutnya adalah menyikat di bagian pakaian yang rentan terkena noda keringat. Seperti di bagian kerah atau juga bagian ketiak baju. Sikat berulang-ulang hingga Anda yakin bagian-bagian tersebut telah bersih sempurna agar noda kotoran di bagian tersebut tidak menumpuk.

Hindari mengucek atau menyikat pakaian dengan tenaga yang terlalu kencang agar pakaian tidak cepat rusak. Langkah ketiga adalah menyikat seluruh bagian baju ke arah luar. Hal ini bertujuan agar kotoran di baju terangkat dan tidak lagi menempel. Bila baju atau kain terlalu lembut dan rentan rusak, cara mencuci, merawat pakaian yang kotor adalah dengan mengucek-ngucek di semua bagian baju dan kain. Misalnya pada baju bayi. Setelah semua baju dan kain dibersihkan, bilaslah menggunakan air bersih. Rata-rata pembilasan membutuhkan tiga tahap agar detrjen atau sabun pembersih benar-benar terangkat dari baju dan kain. Rendamlah di air yang sudah dicampur tambahan larutan pewangi bila perlu.

Setelah semua telah dibilas dan bersih, jemur baju dan kain dengan memerasnya terlebih dahulu. Anda perlu juga memperhatikan langkan ini bila ingin baju dan kain tetap awet. Yaitu untuk tidak memelintir terlalu kencang dan lebih baik meremas-remas hingga airnya keluar. Hindari juga menjemur di bawah terik matahari langsung agar warna baju dan kain tetap sempurna. Gunakan deterjen yang menjamin membersihkan dengan baik seperti Rinso yang dibuat dengan teknologi canggih. Pakailah sarung tangan ketika mencuci baju dan kain bila merasa perlu dan memiliki kulit yang sensitif. Semoga informasi mengenai cara mencuci, merawat pakaian yang kotor menggunakan tangan di atas bermanfaat khususnya bagi pemula.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *